Cara Entry SiRUP




1. Cara Update Data PPK saat pertama kali masuk ke Aplikasi SiRUP
  1. silahkan login di http://lpse.tanahlautkab.go.id/eproc4/ menggunakan username dan password yang sudah dikirimkan ke hp masing-masing; 
  2. masuk ke aplikasi e-procurement lainnya; 
  3. pilih SiRUP --> Production; 
  4. Isi Biodata PPK; dan simpan / perbaharui. Mohon Sat ker dipilih DINAS KESEHATAN.
2. Kewenangan PPK dalam SiRUP
  1. Delegasi KOK ke Admin RUP
  2. Identifikasi Pemaketan
  3. Membuat Paket Penyedia, Swakelola, dan Penyedia Dalam Swakelola
  4. Finalisasi Draft Paket
  5. Konsolidasi Antar Paket
  6. Ubah Paket Yang Belum Diumumkan 
  7. Inisiasi Revisi Paket

3. Cara mendelegasikan dari PA ke PPK

-- masuk ke akun PA dari website sirup.lkpp.go.id untuk delegasikan ke PPK
  1. Pilih Kelola Data --> Kelola Anggaran --> Kelola PKOR
  2. Maka Muncul tampilan seperti berikut

  3. pilih daftar kegiatan 
  4. pilih kegiatannya untuk delegasikan ke akun PPK (dari akun PA)
  5. pilih delegasikan kepada --> pilih PPK
  6. pilih simpan
  7. Klik OK

4. Cara Menginput/entry data di dalam Aplikasi SiRUP
    (Penyedia)-- untuk yang datanya sudah ada di dalam SiRUP maka lakukan langkah berikut:


  1. Buka akun PPK dari lpse.tanahlautkab.go.id maka tampilan akan muncul seperti ini untuk pertama kali
  2. Pilih Kegiatan
  3. Maka akan keluar tampilan ini
  4. Klik segitiga sebelah kiri lalu akan terlihat tampilan kegiatan nya kemudian -------------------> Pilih Penyedia / Swakelola --> P / S --> jika terjadi kesalahan maka clear all tagging dan ulangi pilih Penyedia / Swakelola
  5. Klik Generate paket --> OK
  6. Maka akan berubah tampilan seperti ini --> ulangi generate paket jika ingin mengulangi/telah membuat kesalahan
  7. Masuk ke RUP --> Penyedia
  8. Kemudian lihat sebelah kanan ada gambar pensil --> klik edit
  9. Isi paket kegiatan, lokasi pekerjaan, volume, spesifikasi, produk dalam negeri dan usaha kecil pilih YA / Tidak
  10. Isi semua, untuk pengadaan pilih melalui e-purchasing ataupun pengadaan langsung dst
  11. Pilih Kapan Pemanfaatan Barang/Jasa, Pelaksanaan Kontrak/Pekerjaan, dan Pelaksanaan Pemilihan Penyedia
     
  12.  Pengadaan Dikecualikan pilih Ya jika meruapakan pengadaan yang dikecualikan contoh BLUD, Alasan Menggunakan aturan PBJP bisa dikosongkan dulu

    1. Klik FD

  13. klik Finalisasi Draft
  14. Klik OK
  15. setelah tersimpan maka tampilan kegiatan kita akan terlihat seperti ini


Entry Sirup Secara Manual


-- untuk yang data RKA/DPA nya belum ter entry seperti UPT IFK, UPT LABKES dan UPT PUSKESMAS di Dinas Kesehatan Tanah Laut, maka lakukan langkah sebagai berikut:

--> masuk ke akun PA di sirup.lkpp.go.id 

Akun PA login di sirup.lkpp.go.id


  1. Pilih Kelola Data --> Kelola Anggaran --> Kelola PKOR
  2. Kelola Program --> Tambah Program

  3. Isi Formulir Program --> isikan nama Program dan ditambahkan keterangan UPT nya contoh Program Jamkesmas (UPT Puskesmas Pelaihari)
  4. Paling kanan bentuknya garis kotak-kotak biru -->klik daftar kegiatan
  5. Klik tambah Kegiatan
  6. Isi Formulir Kegiatan--> Pilih PPK
  7. Jika sudah semua DPA di tambahkan program dan kegiatan maka selanjutnya entry paket
  8. Masuk ke akun PPK dari website lpse.tanahlautkab.go.id --> aplikasi e-procurement lainnya --> masuk Production SiRUP 


  9. Akun PPK di puskemas (cek masing2 karena user dan password rahasia)
  10. pilih RUP --> Penyedia
  11. Klik Tambah Penyedia
  12. Klik Tambah Paket
  13. Di isi sesuai nama paket dan kegiatan yang ada di DPA
  14. isi semua bidang yang kosong
  15. Pilih Kapan Pemanfaatan Barang/Jasa, Pelaksanaan Kontrak/Pekerjaan, dan Pelaksanaan Pemilihan Penyedia
  16. centang FD
  17. Klik Finalisasi Draft
  18. Finalisasi
  19. Laporkan kepada PA, kemudian tunggu PA mengumumkan, maka akan terlihat tampilan dan Kode RUP (Kode RUP digunakan untuk pengadaan yang dilaksanakan dengan cara e-Purchasing)
5. Cara Menginput/entry data di dalam Aplikasi SiRUP
    (Swakelola)

  1. pilih RUP --> Swakelola
  2. Pilih gambar pensil kecil di sebelah kanan --> lengkapi isian
  3. Isi dan lengkapi data
  4. isi dan simpan
  5. jika membuat paket swakelola secara manual maka klik tambah paket swakelola
  6. Finalisasi Draft Paket
6. Cara Delegasi kegiatan dari PPK ke admin SiRUP
  1. Pilih Kelola Data --> Kelola Anggaran --> Kelola PKOR
  2. Pilih kelola kegiatan
  3. Ubah Kegiatan --> maka muncul tampilan --> kemudian pilih admin SiRUP dan simpan
Kamus Simbol Pada Halaman Paket Aplikasi SiRUP

Penjelasan tentang swakelola klik disini

Komentar

Postingan Populer