Cara Entry SiRUP
1. Cara Update Data PPK saat pertama kali masuk ke Aplikasi SiRUP
- silahkan login di http://lpse.tanahlautkab.go.id/eproc4/ menggunakan username dan password yang sudah dikirimkan ke hp masing-masing;
- masuk ke aplikasi e-procurement lainnya;
- pilih SiRUP --> Production;
- Isi Biodata PPK; dan simpan / perbaharui. Mohon Sat ker dipilih DINAS KESEHATAN.
2. Kewenangan PPK dalam SiRUP
- Delegasi KOK ke Admin RUP
- Identifikasi Pemaketan
- Membuat Paket Penyedia, Swakelola, dan Penyedia Dalam Swakelola
- Finalisasi Draft Paket
- Konsolidasi Antar Paket
- Ubah Paket Yang Belum Diumumkan
- Inisiasi Revisi Paket
3. Cara mendelegasikan dari PA ke PPK
-- masuk ke akun PA dari website sirup.lkpp.go.id untuk delegasikan ke PPK
4. Cara Menginput/entry data di dalam Aplikasi SiRUP
(Penyedia)-- untuk yang datanya sudah ada di dalam SiRUP maka lakukan langkah berikut:
-- untuk yang data RKA/DPA nya belum ter entry seperti UPT IFK, UPT LABKES dan UPT PUSKESMAS di Dinas Kesehatan Tanah Laut, maka lakukan langkah sebagai berikut:
--> masuk ke akun PA di sirup.lkpp.go.id
- Pilih Kelola Data --> Kelola Anggaran --> Kelola PKOR
- Maka Muncul tampilan seperti berikut
- pilih daftar kegiatan
- pilih kegiatannya untuk delegasikan ke akun PPK (dari akun PA)
- pilih simpan
- Klik OK
4. Cara Menginput/entry data di dalam Aplikasi SiRUP
(Penyedia)-- untuk yang datanya sudah ada di dalam SiRUP maka lakukan langkah berikut:
- Buka akun PPK dari lpse.tanahlautkab.go.id maka tampilan akan muncul seperti ini untuk pertama kali
- Pilih Kegiatan
- Maka akan keluar tampilan ini
- Klik segitiga sebelah kiri lalu akan terlihat tampilan kegiatan nya kemudian -------------------> Pilih Penyedia / Swakelola --> P / S --> jika terjadi kesalahan maka clear all tagging dan ulangi pilih Penyedia / Swakelola
- Klik Generate paket --> OK
- Maka akan berubah tampilan seperti ini --> ulangi generate paket jika ingin mengulangi/telah membuat kesalahan
- Masuk ke RUP --> Penyedia
- Kemudian lihat sebelah kanan ada gambar pensil --> klik edit
- Isi paket kegiatan, lokasi pekerjaan, volume, spesifikasi, produk dalam negeri dan usaha kecil pilih YA / Tidak
- Isi semua, untuk pengadaan pilih melalui e-purchasing ataupun pengadaan langsung dst
- Pilih Kapan Pemanfaatan Barang/Jasa, Pelaksanaan Kontrak/Pekerjaan, dan Pelaksanaan Pemilihan Penyedia
- Pengadaan Dikecualikan pilih Ya jika meruapakan pengadaan yang dikecualikan contoh BLUD, Alasan Menggunakan aturan PBJP bisa dikosongkan dulu
- Klik FD
- klik Finalisasi Draft
- Klik OK
- setelah tersimpan maka tampilan kegiatan kita akan terlihat seperti ini
Entry Sirup Secara Manual
-- untuk yang data RKA/DPA nya belum ter entry seperti UPT IFK, UPT LABKES dan UPT PUSKESMAS di Dinas Kesehatan Tanah Laut, maka lakukan langkah sebagai berikut:
--> masuk ke akun PA di sirup.lkpp.go.id
Akun PA login di sirup.lkpp.go.id
- Pilih Kelola Data --> Kelola Anggaran --> Kelola PKOR
- Kelola Program --> Tambah Program
- Isi Formulir Program --> isikan nama Program dan ditambahkan keterangan UPT nya contoh Program Jamkesmas (UPT Puskesmas Pelaihari)
- Paling kanan bentuknya garis kotak-kotak biru -->klik daftar kegiatan
- Klik tambah Kegiatan
- Isi Formulir Kegiatan--> Pilih PPK
- Jika sudah semua DPA di tambahkan program dan kegiatan maka selanjutnya entry paket
- Masuk ke akun PPK dari website lpse.tanahlautkab.go.id --> aplikasi e-procurement lainnya --> masuk Production SiRUP
- Akun PPK di puskemas (cek masing2 karena user dan password rahasia)
- pilih RUP --> Penyedia
- Klik Tambah Penyedia
- Klik Tambah Paket
- Di isi sesuai nama paket dan kegiatan yang ada di DPA
- isi semua bidang yang kosong
- Pilih Kapan Pemanfaatan Barang/Jasa, Pelaksanaan Kontrak/Pekerjaan, dan Pelaksanaan Pemilihan Penyedia
- centang FD
- Klik Finalisasi Draft
- Finalisasi
- Laporkan kepada PA, kemudian tunggu PA mengumumkan, maka akan terlihat tampilan dan Kode RUP (Kode RUP digunakan untuk pengadaan yang dilaksanakan dengan cara e-Purchasing)
5. Cara Menginput/entry data di dalam Aplikasi SiRUP
(Swakelola)
(Swakelola)
- pilih RUP --> Swakelola
- Pilih gambar pensil kecil di sebelah kanan --> lengkapi isian
- Isi dan lengkapi data
- isi dan simpan
- jika membuat paket swakelola secara manual maka klik tambah paket swakelola
- Finalisasi Draft Paket
6. Cara Delegasi kegiatan dari PPK ke admin SiRUP
- Pilih Kelola Data --> Kelola Anggaran --> Kelola PKOR
- Pilih kelola kegiatan
- Ubah Kegiatan --> maka muncul tampilan --> kemudian pilih admin SiRUP dan simpan
Komentar
Posting Komentar